Ayam burma aduan berharga jutaan rupiah di Aceh

Ayam burma aduan tampaknya makin naik daun.  Sehingga harganya makin tinggi. Informasi terakhir dari AtjehpostCOM Sabtu, 25 Mei 2013, bahwa Ayam Burma dibanderol hingga puluhan juta rupiah di Aceh Utara.

Ayam burma aduan berharga jutaan rupiah di Aceh


AYAM BURMA atau Ayam Birma merupakan salah satu jenis unggas aduan yang cukup populer dan dicari penggemar ayam. Baik sebagai koleksi atau untuk dijadikan petarung. Untuk mendapatkan seekor ayam burma jago tentunya harus rela merogoh kocek yang cukup dalam.

Harga dan tempat jual ayam burma

Sebuah desa bernama Ds Matang Keh, Kec. Pirak Timur, berada di pedalaman Kabupaten Aceh Utara, Ayam Burma / Ayam birma dibarendol hingga puluhan juta rupiah.  Ayam yang baru menetas dijual Rp70 ribu hingga Rp100 ribu. Jika sudah berusia 6 bulan berkisar Rp1,5 juta hingga Rp 2 juta. U ayam Birma jantan dewasa berkisar belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Ayam Birma dewasa memiliki bobot antara 2,8 kilogram hingga 3 kilogram.

Peternak ayam birma tersebut adalah Jamaluddin alias Madek, 33 tahun, warga Desa Matang Keh, Pirak Timur.  Dia ditemui ATJEHPOSTcom, sejak lima tahun terakhir dirinya berternak ayam Birma. Hasil yang diperoleh sangat lumayan namun pengeluaran untuk pakan (makanan) ayam pun lumayan besar.

Makanan ayam birma

Menurutnya, “Cara perawatan dan pakan ayam Birma berbeda dengan ayam kampung atau ayam siam. Ayam Birma biasa makan jagung, beras merah dan padi. Untuk penambah stamina diselingi pemberian tomat, telur bebek bagian kuningnya saja, daging lembu dan udang. Belum lagi vitamin dan obat-obatan lainnya. Khusus untuk daging diberikan sekali dalam sebulan,”

Indukan ayam burma

Lima tahun lalu ia diberikan seekor ayam Birma jantan seharga Rp17 juta oleh temannya. Karena belum memiliki induk betina akhirnya ia bekerja dan mengumpulan duit untuk membeli betina seharga Rp6 juta. Kini ayam miliknya sudah mencapai puluhan ekor dengan beragam usia.

“Kini induk betina milik saya sudah tua dan berusia 11 tahun. Sudah ratusan bibit yang saya peroleh dan saya jual. Sedangkan ayam Birma jantan pemberian teman saya itu sudah mati karena salah diberikan obat oleh istri saya. Yang tersisa hanya keturunannya saja,” ujar Madek.

Pembeli ayam birma

Untuk pembeli dan peminat ayam Birma berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pejabat, aparat keamanan, akuntan hingga sipil.

“Umumnya mereka membeli untuk dijadikan sebagai petarung. Namun ada juga yang membeli sebagai koleksi dan dijadikan jantan agar memperoleh bibit yang baik. Salah satu perbedaan ayam aduan Birma dengan aduan lainnya adalah ayam Birma memiliki bulu ganda dan berwarna-warni,” ujar Madek

Demikian informasi Ayam burma aduan berharga jutaan rupiah di Aceh, yang diambil dari AtjehpostCOM.

0 comments:

Post a Comment