Karakteristik Ayam Burma vs Bangkok Thailand dan Vietnam

Karakteristik ayam burma vs ayam bangkok thailand dan vietnam merupakan perbandingan ciri-karakteristik ayam burma-birma dengan ayam bangkok, ayam thailand dan ayam vietnam saigon.  Semua jenis ayam tersebut adalah ayam aduan yang pavorit di Indonesia dan di negara Thailand.

AYAM BURMA-BIRMA

Ayam birma, atau ayam burma (sekarang myanmar) sangat populer beberapa tahun belakangan ini.  Ayam birma di populerkan di Thailand, menjalar ke Malaysia dan akhirnya sampai juga ke Indonesia.  Ayam birma di Thailand lebih populer dibanding di Indonesia.  Hampir semua website di Thailand menampilkan ayam burma sebagai ayam burma asli ataupun campuran dengan ayam thailand dan ayam vietnam saigon botak.  Kemunculan ayam birma membuat ayam brazil dan ayam philipina jauh menurun di pencarian google.  Beragam nama atau istilah ayam birma campuran muncul sebagai campuran dengan ayam thailand, vietnam, malaysia.

Ayam birma asli tidak menarik dari segi postur dan fisik.  Postur tidak tampak gagah seperti ayam bangkok.  Ukurannya kecil 5 - 6, badan pendek (tidak panjang), ekor umumnya naik ke atas, bulu lebih lebat, warna bulu campur-campur dan kurang hidup dan kurang matang, lebih mirip seperti ayam siam hasil kawinan ayam bangkok dengan ayam kampung.  Ayam birma asli lebih parah lagi karena kuping telinga dan pial besar sehingga mengarah kepada bentuk ayam kampung.  Ayam birma yang diternak sebagai ayam aduan di thailand sudah merupakan ayam birma pilihan dan kadang sudah hasil kawin silang dengan ayam thailand, sehingga tampilannya sudah cukup menarik, dengan ukuran badan dan tulang sudah agak lebih besar.

Ayam birma jadi populer karena memiliki taktik, teknik tarung dan kecerdasan melebihi ayam thailand, dan tentunya jauh diatas ayam bangkok Indonesia dan ayam vietnam.  Ayam birma tidak bermain rapat, dan selalu menjaga jaga jarak.  Karena itu umumnya ayam birma tidak mau adu leher, jika terdesak menarik bisa menarik leher mundur, masuk sayap atau lari berputar menjauh.

Ayam birma sangat cerdik dan bahkan dibilang ayam licik.  Kecepatan dan kecerdasan ayam birma lebih baik dari ayam thailand.  Pukulan juga lebih tepat dan akurat.  Apalagi tajinya yang sangat akurat.  Teknik dan gaya tarung yang berbeda inilah faktor keunggulan utama dari ayam burma.  Disamping itu ayam burma yang relatif kecil tetapi memiliki mental yang bagus seperti ayam thailand asli dan ayam vietnam.

AYAM THAILAND

Ayam thailand (ayam bangkok asli atau ayam thailand) secara umum memiliki postur dan fisik yang bagus.  Postur tubuh umumnya ideal yaitu tinggi, badan panjang, leher panjang, ukuran 7 - 8 full yang tampak gagah, warna bulu bagus dengan warna matang.  Ketebalan/kekerasan tubuh tergolong bagus dengan tulang yang tergolong besar dan kuat sehingga termasuk ayam yang kebal dan pukulan kuat.  Walaupun sudah tergolong ideal, namun ada yang belum puas karena tubuh dan tulangnya ternyata masih sedikit dibawah ayam saigon vietnam.

Ayam thailand memiliki taktik, kecerdasan, kecepatan dan teknik yang tergolong bagus.  Teknik bermainnya umumnya rapat (kontrol, peluk, kunci, adu leher).  Tergolong cerdas karena sulit dipukul dengan cara kepala sesekali turun atau masuk sayap jika terdesak atau untuk menghindar.  Gerakan tergolong cepat dan lincah.  Dalam hal ini ayam thailand lebih unggul dari ayam saigon dan ayam bangkok.  

Ayam thailand bermental bagus pantang menyerah dan tergolong tahan terhadap rasa sakit.

AYAM VIETNAM SAIGON GUNDUL


Ayam vietnam saigon gundul secara umum memiliki kekuatan fisik yang sangat bagus.  Ketebalan/kekerasan tubuh tergolong tebal keras dan kebal.  Memiliki struktur tulang yang besar, rapat dan padat keras, sehingga ayam saigon tergolong ayam yang tahan pukul dan memiliki pukulan yang besar.  Ciri khasnya adalah kepala dan leher gundul, mungkin disebabkan kulit tubuhnya yang tebal dan keras, sehingga bulu-bulu tubuhpun sulit tumbuh banyak.  Ukuran dan warna bulu seperti ayam thailand.

Ayam vietnam memiliki kelemahan yaitu teknik, taktik, kecerdasan, kecepatan yang tergolong kurang bagus.  Teknik bermain umumnya rapat (kontrol, peluk, kunci, adu leher), tetapi lambat atau kaku dalam setiap gerakannya.  Kelambatan dan kekakuan ayam saigon mungkin disebabkan oleh tubuh dan tulangnya yang kurang lentur.  Ini juga berefek pada kemampuannya menghindar dari pukulan yang juga lambat dan kaku sehingga termasuk gampang kena pukulan, sehingga digolongkan ayam yang kurang cerdas bila dibandingkan ayam thailand.  

Ayam saigon memiliki mental yang sama bagusnya dengan ayam thailand, terutama lebih kebal dan tahan terhadap pukulan.

AYAM BANGKOK LOKAL INDONESIA

Ayam bangkok lokal pada umumnya memiliki postur dan fisik yang serba tanggung.  Postur dan fisik umumnya di bawah ayam thailand dan ayam saigon, yaitu ukuran lebih kecil (6 - 7), badan kurang panjang, tubuh kurang keras dan kurang padat, tulang masih di bawah ayam thailand.  Fisik yang serba tanggung ini mungkin karena ras ayam bangkok (yang aslinya dulu dari thailand) sudah jauh dari ras murni thailand, sehingga ayam bangkok banyak variasinya.

Dalam hal teknik, taktik, kecerdasan, kecepatan, ayam bangkok juga tanggung dan masih dibawah ayam thailand.  Tetapi sebagian lebih baik dari ayam saigon.  Teknik bermainnya masih seperti ayam thailand yaitu rapat (kontrol, peluk, kunci, adu leher) tetapi kurang efektif karena tulang kurang kuat.  Demikian juga dari segi kecepatan dan kecerdasan di bawah ayam thailand 

Ayam bangkok pada umumnya memiliki mental yang tergolong cengeng dan kurang bisa menahan rasa sakit.  Hanya sebagian kecil ayam bangkok lokal yang bermental pantang menyerah seperti ayam thailand dan vietnam.

Demikian artikel tentang Karakteristik ayam burma vs ayam bangkok thailand dan vietnam.  (sumber ayambangkok-com.blogspot.com)

0 comments:

Post a Comment