Ciri Ayam Birma Asli vs Ayam Birma Hibrid Campuran

Ciri Ayam Birma Asli vs Ayam Birma Hibrid Campuran merupakan perbandingan karakteristik-ciri ayam birma asli dengan ayam birma hibrid-campuran dengan ayam bangkok Thailand.  Ayam bangkok Thailand digunakan karena informasi ini berasal dari Thailand sehingga disana menggunakan ayam thailand sebagai hidbrid-nya.  

Ayam birma,  atau di thailand dikenal sebagai ayam burma-myanmar atau ayam pama adalah ayam asli dari negara burma (sekarang namanya myanmar).  Negara myanmar berbatasan langsung  dengan Thailand di sebelah utara dan barat.  Ayam birma populer beberapa tahun belakangan ini di negara Thailand, karena digunakan oleh peternak dan penggemar ayam aduan di Thailand untuk kawin silang dan untuk ayam aduan.  Thailand memang negara tersubur untuk soal peternakan dan kompetisi ayam aduan untuk jenis ayam thailand, birma, vietnam, serta campuran.  Sementara untuk tipe "ayam kampung taji pisau" sangat subur di Amerika bagian selatan, yaitu Peru, Columbia, Chili, Brazil.

Karakteristik dan ciri ayam birma asli

Ciri Ayam Birma Asli vs Ayam Birma Hibrid Campuran

  • Ayam bima asli, yaitu asli 100%, memiliki bentuk dan ukuran tergolong kecil, antara 2 - 2,50 kg. 
  • Ayam birma memiliki tulang lebih kecil dan lebih tipis
  • Wajah umumnya tampak seperti ayam siam kawinan ayam bangkok dengan ayam kampung, dimana kadang kuping telinga agak besar, kadang ada pial (jenggot), mata kurang cekung, mata bulat, paruh lebih kecil, muka dan badan kurang kekar, dan warna bulu umumnya warna tanggung yang kurang matang.
  • Mata melotot, tampak seperti mata ayam yang ganas dan liar, lebih ganas dari ayam thailand, saigon dan ayam bangkok.
  • Badan lebih banyak bulu, bulu sayap tebal/double dan panjang
  • Ayam birma yang masih asli 100%, masih ada tanda warna putih di kuping sebagai bukti ayam tersebut jenis ayam liar

Sekilas dari ciri fisik ayam birma, tidak tampak tanda-tanda kehebatan dari ayam tersebut, kecuali matanya yang tampak melotot menandakan ayam tersebut ganas.  Kehebatan ayam burma sebetulnya pada teknik dan gaya tarungnya. 


Karakteristik dan ciri ayam birma hibrid-campuran

Ayam Birma Asli vs Campuran

Ukuran ayam burma yang kecil dan tulang yang tipis, merupakan suatu kelemahan yang membuatnya banyak dikawin silang dengan ayam thailand atau ayam vietnam ataupun ayam bangkok.  Hasil kawin silang ayam burma juga memperbaiki warna bulu sehingga warna bulu lebih matang seperti ayam thailand, ayam bangkok atau ayam vietnam.  Namun kawin silang ayam burma dapat mengurangi keunggulan gaya tarung atau teknik ayam burma.
  • Jika kawin silang ayam birma (75%) - thailand (25%) maka ukuran badan menjadi lebih besar, tetapi masih di bawah 3,00 kg
  • Jika kawin silang ayam birma (50%) - thailand (50%) maka ukuran ayam dapat mencapai 3 kg, dengan tulang yang sudah lebih bagus.
  • Jika kawin silang ayam birma (25%) - thailand (75%) maka ukuran ayam mencapai 3,00 kg ke atas, dan ini sebetulnya sudah tergolong ayam thailand uprade karena lebih dominan ayam thailand daripada ayam birma.

Demikian ciri ayam birma asli vs ayam birma hibrid campuran, sumber dari ayambangkok-com.blogspot.com.

0 comments:

Post a Comment